You Are Here: Home» » 6 HAL YANG BISA MERUSAK AMAL


Rasulullah saw Muhammad saw bersabda : "Enam perkara yang bisa melebur amalkebaikan  : sibuk mencari keburukan / aib  orang lain , keras hati , terlalucinta dunia , sedikit rasa malu , panjang lamunan / khayalan dan kedhalimanyang tidak pernah berhenti " ( Hadis Riwayat- Ad-Dailami dari Adi bin Hatim)Dalam hadis ini rosullullah Saw. Memperingatkan kepada kita sebagai umatnyaagar kita jangan sampai terjerumus kepada yang enam , sebagai berikut :


1. Sibuk mencari keburukan / aib orang lain.Rasullullah saw melarang kepada kita untuk mencari - cari keburukan oranglain , karena hal itu secara tidak langsung telah membuka sesuatu yangseharusnya ditutupi, kecuali kalau memang tujuannya untuk menegakkankeadilan. Hal ini dalam Alquran Qs 49 : 11 disebut juga dengan Tajasus.Rasulullah saw bersabda: " Barang siapa menutupi aib seorang muaslim , makaAllah akan menutupi aibnya ada hari kiamat."Dalam hadis lain Rasulullah saw bersabda : " Betapa bahagianya orang yangtersibukkan mencari aib dan kekurangan dirinya jauh dari mencari aib dankekurangan orang lain ."


2.  Keras HatiYang dimaksud keras hati disini adalah apabila seseorang sudah tidak bisamenerima nasihat dari orang lain. bahkan menganggap remeh orang yangmenasehatinya. Padahal Ali bin Abi Thalib berkata : " Lihatlah oleh muperkataanya dan jangan kau lihat siapa yang mengatakannya."


3. Terlalu Cinta DuniaCinta dunia boleh tapi jangan berlebihan , karena kita tahu bahwa duniabukanlah segala-galanya. Islam tidak melarang orang untuk menjadi kaya,bahkan Islam menghendaki umatnya menjadi makmur. Dalam hadis Rasulullah sawmengatakan : " Beramallah engkau untuk duniamu  seolah engkau akan hidupselamanya, dan beramallah engkau untuk akhiratmu seolah engkau akan matibesok ."


4. Sedikit rasa maluRasullullah Saw. Merupakan satu sosok suri tauladan yang sangat besar rasamalunya . Dan malu disini bukan malu berbuat kebaikan atau amar ma'ruf nahimunkar, tapi malu untuk berbuat dosa / kesalahan .Sabda Rasulullah saw : " Malu itu sebagian dari Iman ." Dalam sabda lainyaberkata : " Malu dan Iman adalah bersatu , maka apabila dacabut salahsatunya maka akan tercabut yang lainnya." ( Hr. Abu Nua,im )


5. Panjang Lamunan / KhayalanAllah menganjurkan kepada kita supaya banyak berpikir , tapi berpikir danberharap entang sesuatu yang logis disertai dengan usaha. Bukan berpikir danberharap tapi tidak mau berusaha. Karena betapa hebatnya suatu ide / gagasankalau tanpa direalisasikan maka hanya akan menjadi sebuah lamunan."


6. Kedhaliman Yang Tiada HentiKita dilarang oleh agama untuk berbuat dhalim karena dhalim adalah kegelapandihari kiamat . dan juga takkan ada penolong bagi orang yang dhalim.
Tags:

0 komentar

Leave a Reply