You Are Here: Home» » NABI ADAM AS vs NABI MUSA AS


HUJJAH ADAM AS KALAH KAN ARGUMENTASI MUSA AS

Menceritakann kepada kami Ali bin Abdullah dari Sufyan dari Amri dari Thawus, bahwa dia mendengar dari Abu Hurairah dari Nabi SAW bersabda : Adam dan Musa berdebat, Musa berkata kepada Adam : Wahai Adam, engkau adalah bapak kami, engkau telah menyia - nyiakan kami dan telah mengeluarkan kami dari syurga. Adam berkata kepada Musa : Wahai Musa, Allah telah memilihmu dengan kalam Nya dan menuliskan ( Taurat ) untukmu dengan tangan Nya. Apakah engkau mencelaku atas perkara yang telah Allah tetapkan atasku empat puluh tahun sebelum Dia menciptakanku ? Maka Adam mengalahkan argumentasi Musa....Maka Adam mengalahkan argumentasi Musa ( diucapkan tiga kali )....Sufyan berkata bahwa Abu Zinad menceritakan kepada kami dari Al A'raj dari Abu Hurairah dari Nabi SAW....dengan sredaksi seperti itu. HR SHAHIH BUKHARI 6614.

Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu perdebatan ini....Ada yang menyebutkan bahwa itu terjadi di masa Musa lalu Allah menghidupkan Adam sebagai mukjizatnya kemudian Musa berbicara kepada Adam atau Allah memperlihatkan ruh Adam kepada Musa sebagaimana Allah memperlihatkan ruh para nabi kepada Nabi SAW pada malam mi'raj....Ada pula yang mengatakan bahwa Allah memperlihatkan kepada Musa di dalam tidur karena mimpi para nabi adalah wahyu sebagaimana mimpi Ibrahim as yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya.

Redaksi hadits diatas menggunakan fi'l madhi ( kata kerja bentuk masa lampau ) sehingga mengindikasikan bahwa itu telah terjadi dan terjadinya perdebatan itu di dunia bukan di akhirat....Hal ini dipertegas dengan HR. Abu Daud dari Umar bahwa Rasulullah bersabda : Musa berkata, Wahai Tuhanku, perlihatkanlah Adam kepada kami yang telah mengeluarkan kami dan dirinya dari syurga....Maka Allah pun memperlihatkan Adam....Lalu Musa berkata : Engkau bapak kami....Secara tekstual ini terjadi di dunia.

Argumen Adam menegaskan bahwa Allah telah mengetahui bahwa dia akan memakan pohon tersebut....sehingga bagaimana mungkin dia menolak ilmu Allah dari itu karena dia memang diciptakan untuk hidup di bumi dan tidak dibiarkan terus berada di syurga....Oleh karena itu memakan pohon itu menjadi sebab diturunkannya Adam ke bumi dan menjadi khalifah Allah di muka bumi.

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata : Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau ? Tuhan berfirman : Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. QS 2 : 30

Ketika Musa mencelanya maka Adam pun berkata : apakah engkau mencelaku atas perkara yang Allah tetapkan atasku ?....Maka Adam mengalahkan argumentasi Musa.
Shahih Bukhari yang di syarah oleh Al Hafidzh Ibn Hajar Al Asqalani dalam Kitab Fathul Ba...ari bab Al Qadr.
Tags:

0 komentar

Leave a Reply